Page 8 - Majalah Muhida Edisi 27
P. 8
menjadi orang yang selalu men- sesuai dengan ajaran nabi Mu- tidak hanya tekun belajar teori
cari!, mencari apa saja, ya men- hammad SAW di Quran dan had- tapi praktek sekecil apapun,
cari ilmu, mencari pengalaman, its nabi yang terselektif, yang so- misalnya belajar bersih, maka
mencari apapun. Karena genera- hih. Muhammadiyah mengingink- semua warga sekolah ha-
si muda yang tidak mau mencari an tidak muluk-muluk, yaitu mari rus mempraktikkan kehidupan
sesuatu yang saat ini serba tekh- islam itu kita laksanakan sekecil bersih, seperti menata sandal,
nologi maka bisa ketinggalan za- apapun, karena islam tidak men- menjaga kebersihan kelas, ka-
man, karena mencari itulah mer- gajak kerusakan dan kebodo- mar mandi dan ikut bertang-
eka menjadi pembelajar. Agama han tapi islam mengajak kepada gungjawab terhadap kebersi-
islam mengajarkan kita untuk kerukunan, mengajak kepada ke- han lingkungan sekolah. Maka
belajar mulai dari buaian sampai maslahatan, mengajak orang jadi belajar tanpa henti dan tidak
liang lahat. pintar dan berakhlakh. harus belajar di indonesia tapi
Muhammadiyah berharap belajar dengan negara-negara
3. Apa saja upaya-upaya dalam orang islam ini harus bisa mun- lain yang contoh kebaikannya
mengimplementasikan pendi- cul kepermukaan, muncul di kita ambil wawasan baru.
dikan karakter? masyarakat yang membawa pe-
Implementasinya itu, belajar rubahan dan melalui AUM nya 6. Sebagai pimpinan
karakter itu tidak han- wilayah muhammadi-
ya dikelas, kita bisa yah pasti menginginkan
belajar melalui HP, sekolah-sekolah mu-
melalui majalah, me- hammadiyah khusus-
lalui tekhnologi, tapi nya jawa timur bisa
yang paling penting menjadi lebih baik dan
bisa menyaring infor- unggul. Kami meminta
masi yang ada, dipilih kepada bapak untuk
dan dipilah yang bisa memberikan motivasi
membuat kita jadi ma- khususnya untuk SD
nusia yang baik, yang Muhida agar memak-
paling penting adalah simalkan pendidikan
mempraktikkan dike- karakter bekal genera-
hidupan sehari-hari. si emas 2045!!
Contoh kongkrit im- Kalau karakternya
plementasi pendidikan ingin lebih bagus yang
karakter yaitu ketika ada paling utama adalah
yang berbicara kewa- baik pendidikan gurunya harus baik lebih dulu,
jiban kita adalah mendengarkan, ataupun yang lainnya bisa me- karak ter guru sebagai tau-
kemudian bersabar menunggu munculkan kader yang berman- ladan siswa harus baik, kemu-
orang yang berbicara, yang kecil faat untuk ummat, bukan hanya dian siswanya mengikuti dari
menghormati kepada yang lebih untuk muhammadiyah saja. Mu- belakang, jadi setiap insan di
tua, yang lebih tua harus sayang hammadiyah didirikan bukan pendidikan harus mempraktik-
kepada yang muda, kalau punya untuk satu golongan saja, tapi kan akhlakh yang baik. Misalkan
kelebihan, maka harus berbagi, untuk semua ummat yang bisa dalam membuat peraturan di ke-
entah itu ilmu taupun harta, dan membangun bangsa ini dengan las disesuaikan dengan ajaran
sangat banyak sekali karakter- akhlakh. karakter yang baik, membuat
karakter yang harus diajarkan punishment yang mendidik dan
untuk bekal kita nanti. 5. Menurut pandangan bapak, memberikan ruang untuk siswa
apa saja yang dapat mewujud- dalam mengembangkan poten-
4. Apa yang diharapkan Muham- kan Indonesia emas di tahun sinya, karena sekolah ini adalah
madiyah terkait pendidikan 2045? dunia para siswa yang tentunya
yang berlangsung saat ini? Banyak sekali yang dapat diarahkan kepada karakter yang
Yang diharapkan oleh mu- dilakukan oleh pelajar untuk baik, berakhlakhul karimah serta
hammadiyah saat ini yaitu yang mewujudkan generasi emas memberikan bimbingan yang
paling utama mengajarkan Islam 2045, diantaranya adalah para terbaik utuk anak didik. (Warcil
yang benar, jadi berislam yang pelajar ini harus tekun belajar, Muhida Hafidz & Mahira)
Edisi 27 6