Page 6 - Majalah Muhida Edisi 27
P. 6
FOKUS
UTAMA
Membangun Generasi
oleh : Moh. Saifullah Rochim, S.E, M.Pd
(Kepala Sekolah SD Muhida)
enerasi, menurut kamus neration. Pada waktu itulah dunia tersebut. Sehingga pada masa itu Is-
besar Bahasa Indonesia Pendidikan berusaha dengan berb- lam menjadi kiblat peradaban dunia.
Gadalah; masa orang-orang agai Upaya agar lost generation ini Sedangkan pada masa ke-
satu angkatan hidup. Menurut Kup- bisa teratasi. munduran peradaban Islam ditan-
perschmidt’s, generasi adalah seke- Dalam Islam generasi terbaik dai dengan perpecahan dikalangan
lompok individu yang mengiden- adalah generasi para sahabat yang mereka sendiri, perebutan kekua-
tifikasi kelompoknya berdasarkan pada saat itu masih Bersama Nabi saan, perbedaan pandangan ke-
kesamaan tahun kelahiran, umur, Muhammad Saw. guru terbaik di du- agamaan dan juga tekanan dari
lokasi, dan kejadian-kejadian dalam nia ini. Kemudian dilanjutkan oleh luar. Sedangkan pada masa ini juga
kehidupan kelompok individu terse- generasi Tabi’in yaitu generasi yang penyimpangan ilmu agama semakin
but yang memiliki pengaruh signifi- hidup baik di masa Nabi maupun merebak. Aqidah Islamiyah mulai
kan dalam fase pertumbuhan me- Sahabat, tetapi tidak bertemu den- bergeser kepada kesyirikan dan kle-
reka. gan Nabi Muhammad Saw. Berikut- nik. Disisi lain para pimpinan mere-
Perilaku individu, nilai ataupun nya adalah generasi Tabi’it Tabi’in, ka adalah orang-orang yang kurang
kepribadian dalam suatu generasi, yaitu generasi yang hidup di masa kompeten di bidangnya.
sangat dipengaruhi oleh kejadian- Tabi’in, dan bertemu dengan Tabi’in, Dari melihat sejarah perada-
kejadian historis, sosial, maupun tetapi tidak bertemu dengan para ban Islam, maka dapat dipetik suatu
efek budaya bersama. Sejarah Sahabat. kesimpulan bahwa untuk memba-
terjadinya pandemi covid 19 juga Pada masa-masa zaman ngun generasi emas yang gemi-
sangat ber- keemasan peradaban Islam, gen- lang maka perlu dikuatkan budaya
pengaruh erasi pada waktu itu sangat men- keilmuan. Budaya keilmuan ini bisa
akan terben- gutamakan ilmu pengetahuan dari- didapatkan tentunya dalam dunia
tuknya suatu pada perluasan wilayah. Budaya Pendidikan. Maka Pendidikan yang
generasi. penerjemahan buku-buku filsafat baik harus diutamakan untuk mem-
Dalam du- dari Bahasa asing (non Arab) san- bangun generasi emas mendatang.
nia pendi- gat digalakkan waktu itu untuk Kemunduran generasi, utama-
dikan pan- menggali seluruh aspek keilmuan. nya disebabkan oleh perpecahan
demic covid Selain itu budaya membaca, menu- di antara kalangan sendiri. Perebu-
19 disebut lis maupun berdiskusi perihal ilmu tan kekuasaan dan perang politik
sebagai pengetahuan di kala itu sangatlah membuat kondisi Masyarakat tidak
penye- kuat. Pemerintah mendirikan per- kondusif. Pihak-pihak luar yang in-
bab pustakaan-perpustakaan sekaligus gin menguasai akan leluasa untuk
lost lembaga ilmu pengetahuan yang di- menghancurkan generasi terse-
ge - beri nama Baitul Hikmah, di dalam- but. Lunturnya kemurnian Aqidah
nya orang dapat membaca, menulis dan fanatisme golongan juga akan
dan berdiskusi. mempercepat perpecahan dan ke-
Budaya keilmuan yang kuat hancuran suatu generasi.
membuat pondasi-pondasi ilmu, fil- Semoga bangsa ini sadar akan
safat, matematika, kimia, farmasi, hal-hal yang dapat mengemaskan
kedokteran, astronomi, geografi, generasi bangsa dan menjauhkan
Sejarah, sastra, dikuasai oleh kaum dari hal-hal kemunduran generasi.
muslimin. Pada generasi itu juga Sejarah keemasan generasi Islam
ilmu agama tetap menjadi yang uta- sangatlah bisa terulang terutama
ma, ilmu tafsir qur’an, hadits, kalam, apabila kita dapat mengambil pela-
fiqih berkembang juga pada masa jaran dari sejarah dengan baik. (*)
Edisi 27 4