Page 6 - Majalah Muhida Edisi 27
P. 6

FOKUS
             UTAMA


                             Membangun Generasi


                                        oleh : Moh. Saifullah  Rochim, S.E, M.Pd
                                             (Kepala Sekolah SD Muhida)



             enerasi,  menurut  kamus     neration.  Pada  waktu  itulah  dunia   tersebut. Sehingga pada masa itu Is-
             besar  Bahasa  Indonesia     Pendidikan berusaha dengan berb-   lam menjadi kiblat peradaban dunia.
       Gadalah;  masa  orang-orang        agai Upaya agar lost generation ini     Sedangkan  pada  masa  ke-
       satu angkatan hidup. Menurut Kup-  bisa teratasi.                     munduran  peradaban  Islam  ditan-
       perschmidt’s, generasi adalah seke-    Dalam  Islam  generasi  terbaik   dai dengan perpecahan dikalangan
       lompok  individu  yang  mengiden-  adalah generasi para sahabat yang   mereka  sendiri,  perebutan  kekua-
       tifikasi  kelompoknya  berdasarkan   pada saat itu masih Bersama Nabi   saan,  perbedaan  pandangan  ke-
       kesamaan  tahun  kelahiran,  umur,   Muhammad Saw. guru terbaik di du-  agamaan  dan  juga  tekanan  dari
       lokasi, dan kejadian-kejadian dalam   nia  ini.  Kemudian  dilanjutkan  oleh   luar. Sedangkan pada masa ini juga
       kehidupan kelompok individu terse-  generasi Tabi’in yaitu generasi yang   penyimpangan ilmu agama semakin
       but yang memiliki pengaruh signifi-  hidup  baik  di  masa  Nabi  maupun   merebak.  Aqidah  Islamiyah  mulai
       kan  dalam  fase  pertumbuhan  me-  Sahabat, tetapi tidak bertemu den-  bergeser kepada kesyirikan dan kle-
       reka.                              gan Nabi Muhammad Saw. Berikut-    nik. Disisi lain para pimpinan mere-
           Perilaku individu, nilai ataupun   nya  adalah  generasi  Tabi’it  Tabi’in,   ka adalah orang-orang yang kurang
       kepribadian  dalam  suatu  generasi,   yaitu generasi yang hidup di masa   kompeten di bidangnya.
       sangat  dipengaruhi  oleh  kejadian-  Tabi’in, dan bertemu dengan Tabi’in,   Dari  melihat  sejarah  perada-
       kejadian  historis,  sosial,  maupun   tetapi  tidak  bertemu  dengan  para   ban Islam, maka dapat dipetik suatu
       efek  budaya  bersama.  Sejarah    Sahabat.                           kesimpulan  bahwa  untuk  memba-
       terjadinya  pandemi  covid  19  juga   Pada    masa-masa     zaman    ngun  generasi  emas  yang  gemi-
                          sangat   ber-   keemasan  peradaban  Islam,  gen-  lang  maka  perlu  dikuatkan  budaya
                          pengaruh        erasi  pada  waktu  itu  sangat  men-  keilmuan. Budaya keilmuan ini bisa
                          akan  terben-   gutamakan ilmu pengetahuan dari-   didapatkan  tentunya  dalam  dunia
                           tuknya suatu   pada  perluasan  wilayah.  Budaya   Pendidikan. Maka Pendidikan yang
                            generasi.     penerjemahan  buku-buku  filsafat   baik harus diutamakan untuk mem-
                            Dalam  du-    dari Bahasa asing (non Arab) san-  bangun generasi emas mendatang.
                            nia  pendi-   gat  digalakkan  waktu  itu  untuk      Kemunduran generasi, utama-
                            dikan  pan-   menggali  seluruh  aspek  keilmuan.   nya  disebabkan  oleh  perpecahan
                            demic covid   Selain itu budaya membaca, menu-   di antara kalangan sendiri. Perebu-
                           19  disebut    lis  maupun  berdiskusi  perihal  ilmu   tan  kekuasaan  dan  perang  politik
                              sebagai     pengetahuan  di  kala  itu  sangatlah   membuat  kondisi  Masyarakat  tidak
                               penye-     kuat.  Pemerintah  mendirikan  per-  kondusif. Pihak-pihak luar yang in-
                                bab       pustakaan-perpustakaan  sekaligus   gin  menguasai  akan  leluasa  untuk
                                 lost     lembaga ilmu pengetahuan yang di-  menghancurkan  generasi  terse-
                                 ge -     beri nama Baitul Hikmah, di dalam-  but.  Lunturnya  kemurnian  Aqidah
                                          nya orang dapat membaca, menulis   dan fanatisme golongan juga akan
                                          dan berdiskusi.                    mempercepat  perpecahan  dan  ke-
                                              Budaya  keilmuan  yang  kuat   hancuran suatu generasi.
                                          membuat  pondasi-pondasi  ilmu,  fil-   Semoga bangsa ini sadar akan
                                          safat,  matematika,  kimia,  farmasi,   hal-hal  yang  dapat  mengemaskan
                                          kedokteran,  astronomi,  geografi,   generasi  bangsa  dan  menjauhkan
                                          Sejarah, sastra, dikuasai oleh kaum   dari  hal-hal  kemunduran  generasi.
                                          muslimin.  Pada  generasi  itu  juga   Sejarah  keemasan  generasi  Islam
                                          ilmu agama tetap menjadi yang uta-  sangatlah  bisa  terulang  terutama
                                          ma, ilmu tafsir qur’an, hadits, kalam,   apabila kita dapat mengambil pela-
                                          fiqih  berkembang  juga  pada  masa   jaran dari sejarah dengan baik. (*)



                                               Edisi 27  4
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11