Page 44 - Majalah Muhida Edisi 27
P. 44

KIPRAH
            SEKOLAH



                                      Temu Budaya Indonesia-Jepang:

                                       Perwujudan Persahabatan dan

                                            Pemahaman Antarbudaya





                                          jadi generasi penerus yang kolabo-  lihat  mereka  saling  mengenalkan
                                          ratif dan menjadikan negeri men jadi   budaya masing-masing dengan ce-
           oleh Ummu Choiroh, S.H.I, M.H   semakin  maju  bersama  di  masa   ria  dan  penuh  semangat.”  Ujarnya
                (Kaur Kesiswaan)          mendatang.                         melalui  penerjemah.  Sementara
                                             Dalam  temu  budaya  ini,  murid-  itu, Harumo Yoshikawa, murid SJS,
                                          murid  dari  kedua  sekolah  berkola-  mengaku  gembira  bisa  belajar  bu-
            D  Muhammadiyah  1  Pucan-    borasi dalam menampilkan berbagai   daya Indonesia melalui temu buda-
            ganom Sidoarjo (SD Muh1da)    pertunjukan. Dibuka dengan murid-  ya ini.
       Sdan Sekolah Jepang Suraba-        murid  TK  SJS  yang  menampilkan     Temu budaya anak internasional
       ya  (SJS)  menggelar  Temu  Budaya   tarian  persahabatan  makhluk  laut   antara SD Muh1da dan SJS meru-
       Anak Internasional. Temu budaya ini   yang  indah,  dilanjutkan  dengan   pakan kegiatan yang sangat positif.
       merupakan acara puncak dari rang-  medley  lagu-lagu  daerah  Indone-  Kegiatan  ini  dapat  meningkatkan
       kaian beberapa kegiatan.           sia yang dibawakan oleh murid SD   pemahaman dan persahabatan an-
          Temu budaya merupakan salah     Muh1da. Dilanjutkan dengan tampil-  tara murid-murid dari kedua sekolah.
       satu  upaya  untuk  meningkatkan   an kolaborasi siswa SD Muh1da dan   Melalui  kegiatan  ini,  murid-murid
       pemahaman dan persahabatan an-     siswa  SJS  kelas  1  sampai  kelas  6   dapat  belajar  tentang  budaya  mas-
       tara murid-murid dari kedua sekolah,   dan  diakhiri  tari  tradisional  Eisa,   ing-masing  dan  saling  menghargai
       yaitu SD Muh1da dan SJS. Melalui   khas Okinawa Jepang.               perbedaan. Dengan demikian, dapat
       kegiatan ini, murid-murid dapat sal-  Temu  budaya  ini  disambut  de-  tercipta  generasi  penerus  yang  ko-
       ing  mengenal  budaya  masing-ma-  ngan  antusias  oleh  para  penon-  laboratif dan saling menghargai per-
       sing  dan  saling  menghargai  perbe-  ton.  Wakil  kepala  SJS,  Ms.  Yoko   bedaan. (*)
       daan.                              Kurihara,  terkesan  dengan
          Murid-murid dari kedua sekolah   penampilan    murid-murid
       berlatih dengan giat selama satu bu-  yang menurutnya luar biasa.
       lan. Temu budaya anak internasional   “Para siswa SJS termotivasi
       ini digelar di gym centre SJS, dan di-  untuk belajar, dan saya turut
       hadiri oleh perwakilan Konsulat Jen-  senang  ketika  me-
       deral Jepang di Surabaya, Mr.
       Yutaka  Ishii,  serta  wali  murid
       SJS.
          Temu budaya kali ini men-
       gusung  tema  “Persahabatan
       Lintas Negara Jepang dan In-
       donesia, Ikatan Merah dan Pu-
       tih yang akan Mengubah Masa
       Depan”.  Tema  ini  diharapkan
       dapat  mendorong  murid-murid
       dari kedua sekolah untuk men-










                                               Edisi 27  42
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49